Celoteh K di Youtube

Menjelang umurnya yang ke-33 bulan, K sudah semakin berkembang kemampuannya. Baik kemampuan fisik dan kecerdasannya. Termasuk kemampuan berbicaranya.

K semakin banyak bicara, yang mana ini sangat menyenangkan bagi saya. Sebab menurut saya, beberapa bulan lalu K agak terlambat berbicara dibandingkan anak-anak lain seumurannya.

Tapi sekarang saya tak perlu khawatir lagi. Kebiasaan kami membacakannya buku, mengajaknya aktif mengobrol, serta mengizinkannya menonton program tivi yang sesuai umurnya, mampu merangsang K untuk semakin aktif bicara.

Termasuk juga bahasa Inggris.

K tentu masih perlu terus belajar berbicara, terutama dalam menggunakan kata yang tepat dalam sebuah kalimat. Beberapa kali kami masih perlu mengarahkan kata atau kalimat yang keluar dari mulutnya.

Maka itu, saya dan Becca istri saya, mencoba untuk mengajak K untuk bercerita. Terutama membiasakan K mengucapkan kalimat yang lebih panjang.

Lalu saya merekamnya.

Maka, setelah hasil rekaman tersebut kami edit serta ditambah beberapa buah foto terciptalah sebuah video cerita K yang akhirnya kami unggah di akun Youtube saya.

Bisa saja di masa depan kami harus menghapus videonya kalau K sudah besar dan ternyata dia tak berkenan videonya ditampilkan kepada publik. Hal yang sama juga kami berlakukan untuk setiap foto atau video tentang K yang kami tayangkan di akun sosial media saya atau Rebecca.

***

Tidak mudah untuk membuat video ini.

Alasan pertama, karena K anak yang tak terlalu suka difoto. Sering kali K menolak difoto, kecuali di saat tertentu yang sangat jarang terjadi, ia sendiri yang meminta untuk difoto. Makanya kebanyakan foto-foto yang kami tampilkan di dalam video tersebut berupa foto yang kami ambil secara diam-diam, tanpa sepengetahuannya.

Kedua, seperti yang kami ceritakan sebelumnya, K masih perlu belajar bicara. Beberapa potongan kalimat yang kami perdengarkan di dalam video sebagai narasi cerita kami peroleh setelah berkali-kali melalui proses penataan dan rekaman.

Tentu juga sangat dipengaruhi oleh perasaan hati si bocah yang kadang mudah diajak belajar, tapi kadang kala pula tak tertarik untuk belajar, apalagi rekaman.

Psssst…, kadang kala kami juga merekamnya secara diam-diam saat dia berceloteh sendiri sambil bermain, membaca buku atau melakukan hal lainnya.

***

Tidak ada hal muluk yang kami harapkan dari video itu. Lagipula apa yang bisa diharapkan dari sebuah video sederhana yang dibuat dengan apa adanya dan tidak ada kandungan penting di dalamnya.

Kami hanya ingin berbagi keceriaan serta ikut berperan sedikit saja dalam menambah konten yang aman untuk disaksikan oleh anak-anak di Youtube.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2020 Kayika Pushandaka
[Total: 1   Average: 5/5]

10 thoughts on “Celoteh K di Youtube”

  1. Halo apa kabar ?.
    Nama saya Kay.
    Saya suka membaca …
    Kalau habis membaca buku dirapiin.

    Hehehe .. lucu banget suara si Kay, bli. Gemesin 😄!.

    Terus rajin bikin konten ya, adik Kay.
    Om doain channelnya nantinya sukses besar.

  2. Saya jadi ingin ke channelnya dan mau subscribe juga biar tambah seru.
    Lucu dan menggemaskan.
    Saya juga punya channel youtube yang awalnya juga hanya sekedar buat dukomentasi.
    Eh tahu-tahu dapat dolar juga, jadi tambah semangat main videonya

    1. Silakan Mas, berkunjung ke channel kami.

      Hebat Mas bisa menghasilkan dari Youtube. Boleh nih saya tiru siapa tahu bisa untuk menambah tabungan K. Hehe
      Nanti saya berkunjung juga ke channelnya Mas.

    1. Terima kasih. 😊
      Iya, kebetulan untuk angka satu sampai sepuluh, K sudah hafal dan sudah mengerti bahwa angka-angka itu tidak cuma dari bentuknya, termasuk juga menghitung jumlah suatu benda.

  3. K, ceriwis sekali hihihi lucu dengarnya 😁 sudah seperti para Youtuber dengan kalimat pembuka yang khas, Halooooo apa kabar, nama saya Kay 😆 dan dengan kalimat penutup andalan, sampai jumpaaaa. Hahaha. Gumasssh.

    Tumbuh sehat dan ceria ya, K ~ 😍

  4. Ya ampuuunnn, Kay gemesin banget sih.
    Hampir seumuran dengan anak kedua saya, beda 3 bulanan kayaknya.

    Lucu banget sih, anak-anak usia gini memang lagi gemas-gemasnya ya, terus kita bakal selalu amazed melihat perkembangannya.

    Sehat selalu ya anak gemeeesss :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *