Mengajarkan dan Membiasakan Kayika Menyikat Gigi

Sejak Kay lahir, kami selalu berusaha memperhatikan kesehatan mulut Kay. Walaupun sulit, tapi harus dilakukan.

Pada awalnya, saat giginya belum satupun yang tumbuh, kami membersihkan lidah dan gusi Kay menggunakan waslap yang telah dibasahi air hangat seusai Kay menyusu.

Tapi kemudian karena khawatir bulu-bulu waslap akan tertinggal di lidah atau menyangkut di tenggorokannya, kami mencoba mencari rekomendasi sikat gigi yang cocok untuk Kay.

Kami kemudian memilih toothbrush stater set untuk membersihkan gigi Kay, terdiri dari beberapa alat untuk tiga tahapan pertumbuhan gigi.

Alat untuk tahap pertama digunakan saat gigi Kay belum tumbuh. Berfungsi untuk membersihkan gusi dan lidah serta merangsang pertumbuhan gigi. Berbentuk seperti silikon yang dimasukkan ke dalam jari kita kemudian menggosok gusi dan lidah Kay.

Kemudian saat gigi pertama Kay mulai tumbuh, kami beralih ke alat kedua. Kali ini bentuknya mirip sikat gigi biasa, ada pegangannya. Bagian ujungnya bukan bulu sikat, tetapi karet pijat untuk gusi.

Saat gigi Kay tumbuh semakin banyak, kami menggunakan alat tahap ketiga, yaitu sikat gigi.

***

Menyikat gigi Kay merupakan hal yang susah-susah gampang. Hal penting yang paling dibutuhkan adalah kesabaran dan konsistensi, selain alatnya tentu saja.

Kami harus konsisten mengajari dan membiasakan Kay sikat gigi secara teratur setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

Kami juga harus menjadi contoh yang baik untuk Kay, menunjukkan kepadanya bahwa kami juga melakukan hal yang sama.

Saat awal mengenalkan Kay dengan sikat gigi, kami mengajak Kay ke kamar mandi untuk melihat kami menyikat gigi. Hal ini membuat Kay merasa tertarik dengan apa yang kami lakukan.

Kay mulai merasa penasaran dan ingin mencoba memegang sikat gigi kami. Kemudian kami memintanya untuk mencoba menyikati gigi kami, pada awalnya.

Setelah mulai terbiasa melihat kami menyikat gigi, barulah kami mengenalkan Kay dengan sikat giginya sendiri.

Prosesi sikat gigi Kay tidak selalu berjalan mulus, disini dibutuhkan kesabaran ekstra. Seringkali Kay menunjukkan sifat isengnya saat sedang disikat giginya.

Misalnya menggigit sikat gigi, menghisap pasta gigi, menutup mulut, bahkan merebahkan badannya. Maka tak jarang kami menyikati giginya dengan posisi yang unik.

Akhirnya kami harus menggunakan jurus ‘ancaman’, dengan mengatakan bahwa kalau tidak disikat, giginya akan menjadi kotor dan ompong.

Kay juga seringkali tak mau disikati giginya di kamar mandi, sehingga rutinitas menyikat gigi bisa dilakukan dimana saja, di kamar tidur atau di ruang tengah, yang penting dia terbiasa dulu menyikat gigi.

Kami juga menunjukkan foto gigi anak yang rusak yang kami ambil dari situs internet untuk ‘menakut-nakutinya’. Hal ini kami lakukan agar Kay tahu dampak buruk tidak membersihkan gigi.

***

Saat ini gigi Kay telah tumbuh semua dengan sehat. Walaupun sering makan coklat, gigi Kay tergolong putih dan bersih.

Semoga kami bisa selalu konsisten dan sabar mengajari Kay menyikat gigi. Sehingga Kay menjadi terbiasa dan memandang penting kesehatan gigi saat dia besar nanti.

Cerita tentang menyikat gigi Kay bisa juga ditonton di video berikut, yang diceritakan oleh Kay sendiri. Hehe.

Video ini bercerita tentang kebiasaan K sikat gigi setiap pagi dan malam.
Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2020 Kayika Pushandaka

13 thoughts on “Mengajarkan dan Membiasakan Kayika Menyikat Gigi”

  1. kuncinya kudu sabar, telaten ya mba
    sampai posisi tiduran kayak gitu juga hehe, terlihat giginya juga tumbuh rata ya itu
    wahh kakak juga suka es klim kayy, coklat juga kay, tapi gosok giginya ntar ntar hehehe

  2. Waahh gigi anak nih merupakan hal utama yang jadi perhatian saya.
    Sejak anak pertama saya, baru aja dia tumbuh gigi, saya udah heboh.

    Syukurnya giginya tumbuh sehat, gigi susunya bagus-bagus, sayangnya tetep aja drama, karena dia sering jatuh dan nggak reflek lindungi mukanya, alhasil giginya tanggak pas gigi permanen pula huhuhu.

    Ini anak kedua masalahnya gusinya nempel banget ama dinding mulut, butuh ketelatenan buat bersihin sisa makanan yang nempel, untungnya sih anak-anak pada mau gosok gigi 🙂

    1. Betul mba, gigi harus jd perhatian utama orang tua. Kasian kalau anak sampe sakit gigi karena giginya gak dirawat dengan baik.

      Waduh pernah jatuh ya.. memang anak kecil rentan jatuh dan belum bisa refleks melindungi bagian muka. Semoga gigi yg tanggak segera tumbuh yaa..

      Lip tie ya mba? Semangat ya mba.. demi gigi anak-anak tetap sehat. 😊

  3. Salah satu hal yang paling saya syukuri ketika besar adalah saat orang tua saya mengajari saya dan cukup memaksa saya untuk sikat gigi ketika kecil, mba 😂 soalnya berkat usaha orang tua, akhirnya saya bisa tumbuh dengan gigi sehat dan rapi 🙈

    Nggak kebayang kalau dulu saya nakal dan malas sikatan, mungkin sekarang gigi saya sudah banyak yang bolong dan rusak. So, I wish, K akan sadar betapa efforts orang tuanya sekarang sangat bermanfaat untuk masa depannya, and K akan berterima kasih banyak kepada mba dan mas 😍

    1. Wah sama mba… Saya juga berkat usaha orang tua saya. Diingetin tiap hari dan mereka jadi contoh juga sikat gigi teratur. Makanya saya jadi jarang sakit gigi. Pernah saat kuliah ada masa malas sikat gigi, eh jadi sakit gigi. Sakit banget. Huhu. Saya langsung menyesal.

      Makanya saya concern sama gigi Kay. Saya gak mau Kay sakit gigi. Sedini mungkin menanamkan pentingnya sikat gigi ke Kay, jadi saat Kay sudah besar sikat gigi sudah jadi alam bawah sadarnya hahaaaa

  4. Jawabannya adalah : ibunya Kay, semoga kay tumbuh menjadi anak yang baik dan rajin ya. Semangat ibu dan ayah Kay❤️

  5. Aku dah nonton videonya, K diajarin dan dibantu oleh ibunya kan sikat giginya, gemes banget dia hehe

  6. Pas aku tonton videonya, gemes banget dedek kay, walaupun masih kecil tapi mau menurut apa kata ibu untuk menyikat gigi pagi dan malam walaupun kadang msh gak bisa diem😁 ya namanya juga anak kecil😂 bagus banget sih videonya, jadi mengajarkan kita utk melatih anak supaya menjaga kebersihan gigi sejak dini👍

  7. Emg hrs sabar n telaten ya mom,apalagi Kay sama kyk anak sy suka coklat sm eskrim, inget dulu giginya rusak,pdhla dah rajin gosok gigi,tp untung seiring perkembangan usia,giginya mulai lumayan bagus.

    Jawabannya Ibunya Kay

  8. Videonya lucu banget.. Semoga gigi Kay sehat terus ya. Jawabannya, Kay disikat giginya oleh Ibunya Kay setiap pagi dan malam. 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *