Tiga Tahun Usiamu

Hari ini Kayika, alias K, berumur tiga tahun. Sudah bisa apa?

Hai anak ibu yang baik, hari ini tepat hari kelahiranmu. Tiga tahun umurmu sekarang.

Selamat ulang tahun, K.

Semoga Tuhan selalu memberkatimu dengan kesehatan, pertumbuhan yang sempurna, kecerdasan, kebahagiaan dan segala kebaikan dalam hidupmu.

Pertumbuhanmu selama tiga tahun ini cukup pesat.

Berat badanmu 13,5 kg dan tinggi badanmu 95 cm. Untuk anak berumur tiga tahun, kamu tergolong cukup tinggi, walaupun secara fisik kamu jadi terlihat kurus.

Celotehmu..

Kemampuan berbicaramu juga baik, tapi masih tercampur-campur antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Ibu merasa lucu saat kamu mengatakan hal yang tidak pernah kami ajarkan atau tidak bermaksud kami ajarkan seperti, “follow me”, “hold my hands”, “hi everyone, welcome to K”, “choose this one or this one”

Dan masih banyak lagi.

Jumlah kosakata di kamusmu juga sudah banyak. Mulai dari berbagai warna, bentuk, fungsi, benda, makanan, minuman, binatang, anggota tubuh, alat transportasi dan benda lainnya.

Kamu juga sudah bisa menggunakan nalarmu dalam menyusun kata per kata membuat kalimat, seperti, “Bapak, daun is green, awan is white, tapi where is white crayon, K nggak punya

Agak tidak nyambung memang, tapi itu kemajuan yang baik mengingat kamu termasuk anak yang agak terlambat mulai berbicara.

Selain karena mendengar percakapan di rumah, kemampuan berbicaramu juga kamu peroleh dari membaca buku dan menonton serial kartun kesukaanmu, Blaze the Monster Machine, Peppa Pig dan We Bare Bears.

Selain serial itu, kamu juga beberapa kali menonton pertandingan sepakbola. Terutama saat siaran langsung timnas atau Persija, terpengaruh bapakmu.

Kemampuanmu dalam menyanyi juga sangatlah baik. Kamu bisa menyanyikan banyak lagu anak-anak dalam bahasa Indonesia dan dan beberapa lagu anak berbahasa Inggris. Meskipun untuk lagu dengan tempo cepat, kamu sering tertinggal menyanyikan liriknya.

Kamu juga sudah hafal lagu Indonesia Pusaka dan Rayuan Pulau Kelapa.

Kemampuanmu dalam mengenal angka juga cukup baik. Kamu sudah mengenal angka 1 sampai 25. Juga beberapa angka puluhan dan angka 100.

Sementara untuk pengenalan huruf, kamu sudah mengerti huruf A sampai E. Kalau lagu ABC kamu sudah hafal tentunya.

K yang tak bisa diam..

Kamu tergolong anak yang sangat aktif. Saat sedang bermain di rumah, kamu seperti tidak ada capeknya.

Kamu aktif berlari, melompat seperti frog atau lion blaze, memanjat, menari, menangkap dan menendang bola, berguling bahkan koprol ke depan. Sudah menjadi hal lumrah melihatmu banjir keringat walaupun berada di ruangan dengan pendingin ruangan.

Kamu juga cukup mandiri. Kamu sudah mampu memakai celana dalam dan celana sendiri, meskipun masih belum tahu mana sisi depan dan belakang, serta memakai dan melepas sendal dan kaus kaki sendiri.

Kamu juga sudah bisa makan sendiri, minum dari gelas sendiri dan mencuci tangan sendiri, walaupun masih sering tumpah dan berantakan. Kamu juga sudah sepenuhnya terlepas dari ASI.

Bahkan kamu juga sudah tidur sendiri di bed yang terpisah dari ibu dan bapak, walaupun masih di ruangan yang sama. Saat ini kamu sedang belajar toilet training.

Saat mencoba hal baru, kamu membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Karena sifat perfeksionismu, kamu sering merasa takut gagal dan salah. Seperti saat mencoba menulis huruf, ketika huruf yang kamu tulis melebihi garis, kamu langsung berkata, “kok salah?”

Lalu terdiam dan berhenti menulis.

Ibu akan selalu menjadi penyemangat nomor satu untukmu. Ibu akan mendukung setiap keputusanmu saat kamu besar nanti.

Terrible two..

Tapi, umur tiga tahun masih termasuk usia dimana kamu sering kali membantah. Tidak hanya dengan kata-kata, tapi juga dengan menolak melakukan apa yang ibu minta.

Beberapa kali ujungnya adalah kamu kesal dan menangis. Untungnya kamu tidak pernah tantrum yang parah. Dengan sedikit bujukan, kamu akan kembali tenang dan ceria.

Sesekali memang drama jadi lebih panjang karena bapakmu terlanjur marah dengan kelakuanmu.

Tapi tak apalah. Setiap periode pertumbuhan fisik dan otakmu akan kita lalui bersama-sama. Kamu akan belajar banyak hal ke depan, begitu juga kami orang tuamu.

Semoga kita diberikan waktu yang panjang untuk bersama.

Ibu mengasihimu.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2020 Kayika Pushandaka

20 thoughts on “Tiga Tahun Usiamu”

  1. Selamat ulang tahun K ?? Semoga tumbuh jadi anak luar biasa yaaa..

    Btw, anak kita seumuran Mba. Anakku juga Agustus ini 3 th. Baru melewati toilet training juga, karena dia udah janji ga pake pospak lagi begitu tiup lilin ketiga. Hehehe.. Semangat toilet trainingnya ya K. Semoga cepat berhasil..

  2. Usia 3 tahun itu anak lagi lucu2anya, seru2nya karean biasanya sudah bisa berjalan, berlari maunya main mulu hahaha 🙂 Sing sabar papa dan mamanya ya. Ga apa2 olahraga deh ngintilin K kalau dia mau melakukan apa aja. Met ulang tahun K, sehat2 yaaaa 😀

    1. Betul mba.. aktif banget.. sampai kadang saya bingung itu tenaga darimana tidak ada capenya..

      Iyaa.. K sengaja biar bapak ibunya olahraga.. hehee..

      Terima kasih mba, semoga kita semua sehat2..

  3. Hahaha wah anak juga nanti jadi Jakmania nih?
    Selamat bertambah usia ya K. Sudah pintar merangkai kata2 secara nalar dan logika, dalam bahasa Inggris pula. Dan ternyata tinggi ya!

    Semoga semakin bertambah pintar yaaa..

    1. Hahaa.. iyaa K sudah bisa menyemangati Persija kalau mau tanding.. lari2 sambil teriak, “Persijaaa!” sambil pakai baju Persija. Hehee

      Terima kasih mba, amin doanya.. iyaa senangnya denger celoteh K bikin senyum2 sendiri.. hehe

  4. lucunya baby K waktu bayi, kalau di compile videonya, dari bayi sampe sekarang, terlihat perbedaannya, dari bayi yang lucu sampe imut imut
    selamat ulang tahun baby K, panjang umur, sehat sehat ya, makin gede, tambah pinter. kecil kecil udah demen bola nih hehe

  5. Wah, happy b-day ya K, semoga senantiasa selalu diberi kesehatan panjang umur dan tambah pintar dari hari ke hari, selamat memasuki usia usia terrible 2 yang unpredictable segala kejutan kejutannya >_____<

    tapi pinter mas k, ya uda jago bahasa inggris hihi, pinter tontonannya peppa pig

    umurnya hampir sama seperti anakku yang pertama mba tapi november dia mau 3 tahunnya, dan lagi ceriwis ceriwisnya nda berhenti ngoceh hihi…..agak petakilan juga padahal cewe xixixi..

    1. Terima kasih mba, amin doanya..

      Betul sekali, sudah mulai keliatan terrible two nyaa.. sudah makin keukeuh sama kemauannya.. hehee..

      Iya, ada positifnya nonton tv saat jam makan, K jadi terbiasa denger bahasa Inggris dan ikut ngobrol bahasa Inggris. Walau kadang, saat K ngomong saya sama bapaknya mikir dulu, maksudnya apa. Hehee..

      Wah seumuran K ya.. salam kenal yaa buat teman K.. ?

  6. Selamat ulang tahun Kayika! Semoga kamu tumbuh jadi anak yang semakin lucu, pintar dan jadi kebanggaan orangtuamu ya (:

    Cara ngomong Kayika persis anakku, campur-campur bahasanya tapi susunan kalimatnya benar sih ? anak zaman sekarang memang pintar banget yaa kemampuan berbahasanya hihi

  7. Aduuuuh Baby K gemesiiiin banget di videonya :). Aku tuh paling suka pas anak udh mulai bisa jalan sampe umur 4 THN, itu puncak lucu2nya mereka :D. Apalagi pas ngoceh hahahaha. Gemeeees.

    Sehat2 ya K. Jadi anak kebanggaan untuk orangtua , panjang umur, sehat trus di masa pandemi ini. Nurut kata mama kalo disuruh mam sayur dan buah 😉 . Happy birthdaaaay K.

  8. Selamat ulang tahun K sayang, semoga sehat dan bahagia selalu ya anak ganteng :*

    Si K beda hampir 2 bulanan nih ama anak saya, anak saya bentar lagi ultah ke-3.
    Gemes dan terharu rasanya, setelah dengan berbagai drama yang ada, akhirnya bisa sampai di angka 3 🙂

    Dan memang bener ya, anak-anak itu luculucunya usia segini ini, waktu mereka mulai ngoceh, apalagi kalau ocehannya banyak, hihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *